Tips Meraih Kesuksesan Dalam Berbisnis UKM

Jika kamu sebelumnya sudah mengetahui informasi dasar mengenai bisnis, baik itu bisnis online maupun bisnis offline. Disini akan dijelaskan beberapa informasi yang berisi tips sukses dalam menjalani sebuah bisnis hanya dengan modal yang kecil.

Sejak beberapa tahun yang lalu dunia usaha di Indonesia sudah berkembang dengan pesat. Hal tersebut disebabkan salah satunya karena maraknya kemudahaan yang ditawarkan oleh dunia teknologi saat ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan maraknya bisnis yang ada baik itu bisnis online maupun offline.

Tapi, tahukah kamu bahwa tidak sedikit diantara kita masih merasa sulit dalam hal memilih jenis usaha baik offline ataupun online apa yang akan dijalankan. Kesulitan tersebut dikarenakan beberapa hal diantaranya tidak memiliki modal yang cukup atau dengan kata lain adalah kekurangan modal. Selain itu, penyebab dari ketidaktahuan terhadap bisnis yang akan dijalankan karena takut untuk memulai bisnis dengan penyebab ketakutan tersebut nya adalah tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam berbisnis dan lain sebagainya.

Namun, tahukah kamu bahwa bisnis UKM dapat dirintis dengan cara sederhana. Baik dari segi modal, pegawai atau bahkan dari segi tempat.

sukses bisnis UKM

UKM atau Usaha Kecil Menengah adalah solusi pertama yang dapat kamu jalankan jika ingin segera memulai sebuah bisnis. Namun, jika kamu hanya memiliki modal yang pas-pasan untuk memulai bisnis UKM tersebut.

Merintis Usaha Kecil Menengah (UKM) tersebut secara sederhana adalah pilihan yang baik yang dapat kamu lakukan. Jika UKM kamu telah memberikan hasil yang postif kamu dapat mengembangkan usaha kecil menengah kamu tersebut dengan skala yang bertahap naik.

Pada dasarnya semua kesulitan atau bahkan ketakutan yang dirasakan sebelum memulai bisnis dapat diatasi dengan cara yang tepat. Salah satunya adalah melakukan sebuah riset mengenai bisnis apa yang akan kamu jalankan.  Bagi kamu yang bingung dalam menentukan bisnis apa yang cocok, coba simak beberapa informasi dibawah ini. Check this out!

Kuliner

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis UKM yang menjanjikan akhir-akhir ini. Bisnis ini diperkirakan akan selalu laris sepanjang masa. Hal tersebut dikarenakan makanan merupakan salah satu  kebutuhan pokok manusia yang tidak akan pernah bisa dihilangkan. Bisnis  ini memiliki banyak kategori, diantaranya mulai dari makanan ringan sampai dengan makanan berat (pokok) dan minuman.  Harga yang ditawarkan pun dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Contoh bisnis dalam kuliner, jika kamu ingin membuka restoran sendiri, pasti banyak hal yang kamu pikirkan salah satunya adalah modal. Jika memang kamu tidak memilki modal yang besar. Kamu dapat memanfaatkan model bisnis waralaba atau yang biasa dikenal dengan franchise.

Model bisnis franchise adalah  salah satu model bisnis restoran yang dapat dimulai tanpa perlu mengumpulkan modal antara ratusan hingga milyaran rupiah untuk mulai mendirikan bisnis tersebut. Model ini sangat cocok bagi pebisnis pemula yang belum memiki pengalaman yang cukup dalam berbisnis. Selanjutnya yang harus kamu fikirkan adalah bagaimana caranya untuk mendapatkan modal tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan modal adalah dengan memanfaatkan fasilitas KTA (Kredit Tanpa Angunan).

Pakaian

Bisnis kedua yang dapat menjadi sebuah referensi adalah pakaian. Bisnis  ini juga memiliki potensi sangat besar, sama halnya dengan bisnis kuliner. Hal tersebut dikarenakan pakaian merupakan kebutuhan sekunder  yang pasti akan selalu dicari oleh semua kalangan masyarakat. Selain itu,seiring berkembangnya zaman masyarakat juga sudah memiliki banyak keinginan dalam hal model pakaian.

Internet

Dengan seiring berkembangnya zaman, banyak orang yang telah menyadari bahwa internet dapat memberikan banyak peluang bisnis. Misalnya adalah sebuah startup bisnis yang keuntungannya bersifat jangka panjang jika dapat dijalankan dengan baik. Selain itu, bagi kamu yang belum memilki bisnis. Jangan khawatir karena internet dapat membuka peluang tersebut. Misalnya kamu dapat memanfaatkan internet dalam hal pemasaran binis teman kamu sampai kamu dapat menemukan ide bisnis yang cocok untuk hidupmu.

Pada awal merintis sebuah  bisnis UKM pasti akan selalu ada tantangan baik itu pada  awal memulai bisnis atau pada saat bisnis ukm kamu berlangsung. Misalnya tantangan yang paling ditakutkan dalam  membangun UKM adalah sebuah kebangkrutan. Walaupun dalam dunia usaha, kebangkrutan merupakan hal yang sudah biasa terjadi.

Kebangkrutan ini terjadi tidak hanya pada pengusaha kecil saja namun juga pada pengusaha yang sudah besar sekalipun. Bahkan hal ini juga dapat dialami para usaha offline dan para usaha online pun bisa saja mengalami kondisi ini. Jika kamu mengalami keadaan seperti ini kamu tidak perlu khawatir karena ada hal penting yang harus kita lakukan saat menghadapi hal tersebut yaitu dengan memahami situasi yang terjadi dan berusaha sebaik mungkin untuk memperbaikinya.

Pada dasarnya hal tesebut bukanlah hal yang mudah, setidaknya kita dapat belajar dari situasi yang telah terjadi atau dengan kata lain belajar dari kesalahan yang membuat kebangkrutan itu terjadi dan berusaha agar hal tersebut tidak terulang kembali. Ada beberapa cara yang dapat kamu  lakukan saat menghadapi kejadian seperti ini. Check this out!

  • Jangan Mengeluh

Mengeluh, jika dilakukan dalam kadar tertentu, merupakan hal yang wajar ketika menghadapi sebuah masalah. Kebangkrutan merupakan masalah yang tidak dapat dianggap remeh dan ketika kamu mengeluh ketika kebangkrutan merupakan hal yang sangat manusiawi. Mengeluh dapat dianggap baik jika dilakukan dengan kadar dan waktu yang tepat. Selain itu, setelah mengeluh kamu harus secepatnya bangkit dari kegagalan tersebut.

  • Berfikir Positif

Berfikir positif merupakan hal yang penting untuk kondisi psikis kamu. Jika banyak orang yang beranggapan bahwa sebuah kebangkrutan adalah sebuah musibah. Namun, kamu harus mengubah anggapan tersebut menjadi pemikiran yang positif. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menganggap kebangkrutan adalah sebuah kejadian yang dapat memberikan hidup kamu pelajaran berharga.

  • Mempelajari Kesalahan yang sudah terjadi

Belajar dari kesalahan yang sudah terjadi merupakan hal yang paling penting untuk dilakukan dalam menghadapi kebangkrutan. Hal tersebut dikarenakan banyak orang yang hanya menyesal lalu mengeluh setelah kebangkrutan tersebut terjadi. Jika kamu mengetahui bahwa hal ini yang dapat membuat kamu lebih kuat dan lebih dapat melihat kesempatan untuk bangkit dari kegagalan.

  • Segera Bertindak

Mempercepat tindakan merupakan hal penting yang juga harus dilakukan. Hal tersebut dikarenakan banyak orang yang menganggap bahwa jika sudah terjadi kebangkrutan semua terasa selesai pada saat itu. Namun, bagi kamu yang masih memilki semangat untuk bangkit dari sebuah kegagalan pasti akan ada jalan untuk menghadapi situasi tersebut. Jika kamu bertindak  cepat dalam mengatasi kebangkrutan, kamu akan memilki peluang besar untuk mampu menghindari kebangkrutan untuk kedua kalinya.

  • Jangan Menyerah

Jika kamu memilih menyerah dibandingkan bangkit, maka itu akan membuat semua usaha yang sudah kamu lakukan menjadi sia-sia. Kamu harus dapat memperjuangkan apa yang telah kamu lakukan dimulai dari saat kamu ingin memulai bisnis sehingga bisnis dapat dijalankan. Maka dari itu pantang hukumnya untuk kamu menyerah bahkan pada kebangkrutan sekalipun. Sebagai informasi untuk kamu para pengusaha sukses itu adalah orang-orang yang bermental baja dan berfikiran positif  serta tidak pernah menyerah. Impian untuk memiliki bisnis yang sukses serta berkembang pasti menjadi impian semua pebisnis, terutama bagi para para entrepreneur muda.

  • Dapat Mengatur Kehidupan Kamu Sendiri

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengendalikan atau mengatur semua keputusan kamu. Hal tersebut harus dilakukan karena yang menjalani kehidupan bisnis adalah kamu sendiri bukan orang lain. Selain itu, jika kamu dapat memberikan kendali bisnismu kepada orang lain itu berarti kamu sudah dapat mengatur kehidupan kamu sendiri. Misalnya jika kamu sudah mempercayai orang lain dalam mengendalikan bisnis kamu itu berarti kamu sudah berhasil mengatur kehidupan kamu dengan baik.

  • Belajar Dari Orang Lain

Tips sukses yang ini memanglah sangat penting, Dengan kamu membangun hubungan dengan orang lain sangatlah penting. Hal tersebut dikarenakan melalui orang lain kamu dapat meraih jauh lebih banyak pelajaran dari orang lain untuk membangkitkan bisnis kamu sendiri. Hal yang perlu kamu perhatikan dari orang tersebut adalah bagaimana cara mereka bisa benar-benar mendapatkan keuntungan. Selain itu, kamu harus bisa mempelajari keterampilan kepemimpinan dari orang tersebut sehingga kamu bisa mengajak orang untuk membantu kamu meraih misi dalam kehidupan. Jika kamu ingin memulai belajar dengan orang lain, maka hal yang harus kamu lakukan adalah dengan meriset terlebih dahulu orang yang akan menjadi guru kamu.

  • Meningkatkan Keberanianmu

Hal yang juga sangat penting dalam membangun sebuah bisnis adalah keberanian. Berani adalah sebuah kekuatan yang harus dimiliki oleh para pebisnis sebelum mulai usaha. Berani dalam  hal ini adalah berani dalam hal menanggung resiko yang akan terjadi kedepannya jika kamu tidak dapat membangun UKM dengan baik. Kunci keberanian yang harus kamu terapkan agar meraih kesuksesan adalah dengan memilih diantara dua jenis keberanian.

Pertama adalah keberanian untuk bertindak. Misalnya jika kamu sudah memiliki keinginan untuk memulai bisnis namun kamu masih ragu dalam mengambil keputusan. Maka, keberanian bertindak harus kamu gunakan. Untuk jenis keberanian yang kedua adalah berani dalam hal bertahan. Misalnya kamu sudah memulai sebuah UKM dari dua tahun yang sebelumnya, lalu pada tahun selanjutnya kamu mendapatkan tantangan dalam bisnis kamu, maka keberanian bertahan yang harus kamu gunakan.

  • Menyakini  Bahwa Meraih Kesuksesan Itu Sulit

Untuk meraih kesuksesan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Kesuksessan pada dasarnya diraih dengan waktu yang sangat lama dan membutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Selain itu, kamu harus mengetahui bahwa tidak ada kesuksesan kilat. Walaupun ada beberapa orang yang merasakan kesuksesan secara kilat. Tapi dikhawatirkan kesuksessan tersebut tidak akan bertahan lama.

  • Bersabar

Kunci terakhir dalam merintis sebuah bisnis terutama bisnis dalam hal Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah dengan bersabar terhadap apapun kejadian yang akan terjadi pada bisnis kamu kedepannya. Dengan bersabar kamu dapat melewati semua tantangan dengan baik. Selain itu, dengan kesabaran kamu juga dapat mengenal dengan baik lingkungan yang ada disekitarmu.  Nah itu di acara yang dapat kamu lakukan dalam mempertahankan bisnis UKM kamu. Semoga bermanfaat.

Sumber: Halomoney.co.id

Author - August 10, 2016
error: Content is protected !!