Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Bagi Masyarakat Indonesia

Siapa yang tidak kenal PERTAMINA sebagai salah satu perusahaan energi milik Indonesia yang telah berkontribusi banyak bagi kehidupan masyarakat sejak 1957. PERTAMINA bergerak di bidang produksi dan distribusi bahan bakar baik untuk keperluan rumah tangga, industri maupun untuk bahan bakar kendaraan anda.

PERTAMINA dapat dihubungi melalui nomor telp 1500 000
PERTAMINA juga dapat memiliki profil di media sosial berikut ini:
http://www.facebook.com/ptpertaminapersero
https://twitter.com/PTPERTAMINA
http://www.youtube.com/user/PTPertamina

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

PERTAMINA memiliki beberapa produk BBM (Bahan Bakar Minyak) yang sudah sangat dikenal luas di Indonesia karena kualitasnya yang sudah diakui dunia dan merupakan BBM ramah lingkungan.

Apakah BBM ramah lingkungan?

BBM ramah lingkungan

BBM ramah lingkungan ialah BBM yang memiliki oktan tinggi sehingga menimbulkan polusi yang minimal. Semakin tinggi oktan yang dimiliki suatu BBM maka polusi yang dihasilkan juga semakin tinggi. BBM tanpa timbal juga salah satu kriteria BBM ramah lingkungan.

Pengaruh penggunaan BBM oktan tinggi pada mesin kendaraan

Penggunaan BBM dengan oktan tinggi akan memberikan efek yang baik untuk mesin kendaraan diantaranya pembakaran yang efisien, suara mesin menjadi lebih halus, konsumsi BBM yang semakin irit, dan membuat kendaran menjadi lebih bertenaga.Ini juga tergantung dari nilai kompresi mesin kendaraan. Semakin tinggi nilai oktan sebuah bahan bakar minyak maka titik bakarnya semakin tinggi pula, sehingga tidak mudah terjadi penguapan.

Produk-Produk BBM berkualitas dari PERTAMINA

BBM berkualitas

PERTAMINA memproduksi berbagai BBM berkualitas untuk keperluan sehari-hari masyarakat Indonesia baik untuk rumah tangga, industry, dan kendaraan diantaranya:

Pertalite

Pertalite bahan bakar yang memiliki Research Octane Number 90 (RON 90) memiliki kualitas diatas premium (RON 88) dan dibawah pertamax (RON 92). Pertalite mengandung zat aditif detergent, anti korosi dan pemisah air yang berfungsi menghambat proses korosi dan pembentukan kerak dalam mesin kendaraan.

Karena kecocokan oktan 90 yang dimiliki Pertalite sesuai dengan kebanyakan rasio kompresi kendaraan yang ada di Indonesia menjadikan kinerja mesin lebih optimal. Jika digunakan untuk perjalanan jauh maka biaya operasi bahan bakar akan lebih hemat.
Pertalite cocok digunakan untuk kendaraan roda dua maupun kendraan MVP ukuran menengah seperti Avanza/Xenia.

Pertamax

Pertamax adalah bahan bakar bebas timbal yang memiliki oktan 92, lebih baik dari Pertalite yang memiliki oktan 90. Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan yang menggunakan EFI (Electronic Fuel Injection), sedan dan kendaraan mewah lainnya yang memiliki kompresi mesin 10-11.

LPG (Liquid Petroleum Gas)

LPG adalah gas minyak bumi yang dicairkan, baik digunakan untuk memasak karena menghasilkan panas yang besar dan mengeluarkan karbon yang sedikit. Gas berubah menjadi cair jika diberi tekanan dan diturunkan suhunya.

LPG aman digunakan untuk memasak di rumah

LPG aman

Ibu-ibu yang memasak menggunakan gas LPG tidak usah khawatir akan terjadinya gas yang meledak, karena LPG yang diproduksi PERTAMINA sudah melalui uji kelayakan dan keamanan pemakaian. Sehingga LPG aman digunakan untuk memasak sehari-hari

Meskipun demikian sama seperti minyak tanah yang merupakan bahan bakar yang telah digantikan LPG kita harus memperhatikan hal-hal berikut agar terhindar dari bahaya api:

  • Tempatkan kompor di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak. Anak-anak masih memiliki motorik kasar yang belum sempurna. Jika tabung gas berada disekitar anak bermain ada kemungkinan tersenggol atau sehingga sambungan menjadi longgar.
  • Gunakan regulator standard SNI, gunakan regulator yang sudah disertifikasi untuk memastikan kualitasnya terjaga. Regulator yang baik akan menempel dengan kuat ke tabung gas sehingga tidak mudah terjadi kebocoran gas.
  • Perhatikan masa kadaluwarsa tabung gas LPG, tabung gas memiliki masa kadaluwarsa yang tertera di secara jelas dalam format bulan-tahun.
  • Tempatkan gas dan kompor ditempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan hindari suhu udara yang panas disekitar tabung LPG.

Pesan untuk mengingatkan diri saya pribadi maupun masyarakat pada umumnya, gunakan pemakaian BBM seperlunya. Bumi akan lebh terjaga kelangsungannya jika kita menggunakan BBM sewajarnya. Bumi adalah warisan untuk anak cucu kita.

Demikian uraian saya mengenai Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan dari PERTAMINA semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.

Author - November 12, 2016
error: Content is protected !!