Kecepatan dan Coverage Sinyal 4G/LTE Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan XL di Bandung

Internet menjadi sangat penting dalam menjalankan bisnis baik offline maupun online maka kali ini saya berbagi pengalaman mengupgrade kartu Mentari dari Indosat (prabayar) dan kartu Simpati dari Telkomsel ke jaringan 4G/LTE untuk area Bandung dan sekitarnya. Untuk mengaktifkan kartu 4G/LTE maka kita harus mendatangi kantor pelayanan masing-masing operator. Tidak bisa hanya membeli kartu nya di kios-kios HP biasa.

Upgrade kartu SIM Mentari 4G/LTE di Galeri Indosat

Saya memilih mengunjungi galeri Indosat di Asia Afrika gedung Bumi Bina usaha lt 1, dekat perapatan lima sebelah kanan dari arah Jl gatot Subroto (lagi pula jalan ke situ hanya satu arah).
Saya disambut ramah bapak security yang menanyakan maksud kedatangan saya dan kemudian memberikan kartu antrian. Tidak lama kemudian (sekitar 5 menit) saya langsung dipanggil dan proses upgrade mulai dijalankan. Seperti biasa KTP (wajib) dan kartu SIM yang akan di upgrade. Proses upgrade cukup cepat sekitar 10 menit dan gratis tidak dipungut biaya sama sekali. Di akhir proses si mbak nya bilang kartu baru akan aktif satu jam kemudian 🙂 padahal saya disana ingin nya langsung mencoba kecepatan signal 4G, jadi pulang deh dengan perasaan kurang puas karena saya kebetulan harus kembali ke tempat kerja di Rancaekek. Di perjalanan saya mencoba menghidupkan dan memang betul tidak ada sinyal sama sekali, baru ada sinyal ketika berada di tol menuju Cileunyi atau sekitar 30 menit setelah proses upgrade, tetapi saya tidak mendapatkan sinyal 4G hanya H+ atau HSDPA. Memang saya tidak berharap banyak di jalan tol Cileunyi mendapatkan sinyal 4G.

Sepulang saya ke rumah di Ujungberung (Nagrog) saya masih tetap tidak mendapatkan sinyal 4G masih tetap 3G atau H+. Saya masih berharap mendapatkan sinyal 4G di daerah Buahbatu kediaman rumah orang tua saya. Tetapi saat saya disana sinyal 4G masih belum nongol juga. Saat saya main ke BIP tgl 11 Oktober 2015 sama mendapatkan sinyal 4G full di dalam pertokoan dengan speedtest 20Mbps download and upload 8Mbps.

Berikut ini adalah coverage sinyal 4G Indosat untuk kota Bandung dan sekitarnya yang saya dapatkan dari website Indosat http://coverage.indosat.com/detail/index/2

Daerah Turangga Buahbatu Bandung belum tercover sinyal 4G Indosat, apalagi daerah Ujungberung, masih jauh dari jangkauan.

coverage 4g indosat

Gambar dibawah ini test menggunakan speedtest.net dari HP Xiaomi Redmi2 menggunakan kartu Mentari di Bandung Indah Plaza Jl. Merdeka, Bandung. Download 20.02Mbps dan upload 8.43Mbps

speedtest indosat 4g

Upgrade Kartu SIM Simpati 4G/LTE di Grapari Telkomsel

Sama seperti Indosat saya harus mendatangi Grapari Telkomsel untuk mengupgrade kartu Simpati, saya berencana menuju Grapari Telkomsel yang ada di daerah setelah simpang Dago dengan harapan tidak terlalu antri seperti di Grapari jl Banda. Pengalaman saya beberapa kali dating ke Grapari Jl Banda dan selalu antri panjang. Diperjalanan saya menuju simpang Dago, saya menemukan Grapari Telkomsel di Dago bawah sebelum toko buku Elvira jika dari arah merdeka. Ternyata saya tidak salah pilih karena disana sedikit orang yg mengantri, saya malah tidak menunggu sama sekali. KTP dan kartu Simpati adalah wajib, disini saya ditanya lebih detail seperti kapan terakhir isi ulang dan berapa nominalnya dan saya rasa pertanyaan tersebut tidak perlu, tanda tangan surat permintaan upgrade 2 kali dan proses upgrade dimulai. Enaknya disini saya bisa langsung coba, meskipun baru 10 menit kemudian saya bisa mencobanya tetapi saya bisa merasakan kecepatan 4G Telkomsel yang mencapai 20Mbps dan upload 8Mbps. Oya upgrade katu ke 4G juga gratis di Telkomsel.

Beli baru SIM card 4G/LTE Telkomsel

Kita bisa membeli baru SIM card 4G di Grapari Telkomsel tetapi harus langsung di bundle dengan paket data dan harus langsung di registrasi ditempat artinya kita tidak bisa beli kartunya saja tanpa diaktifkan disana. Saat itu saya beli kartu perdana 3000, beli pulsa 150 ribu dan dipaketkan dengan paket data 135 ribu untuk 4.5GB selama 30 hari.

Coverage 4G/LTE Telkomsel di Bandung

Cakupan sinyal 4G/LTE Telkomsel di Bandung lebih luas, dibuahbatu bahkan sampai daerah belakang Carrefour Kiaracondong saya masih mendapatkan 4G. Meskipun demikian tetap di daerah Ujungberung sinyal 4G masih belum ada.

Berikut ini adalah gambar cakupan sinyal 4G Telkomsel di daerah Bandung dan sekitarnya yang saya dapatkan dari website Telkomsel http://internet.telkomsel.com/4g-lte/coverage_area

Saya juga sertakan hasil test menggunakan speedtest yang mencapai 16.55Mbps untuk download dan upload 8.50Mbps.

Gambar cakupan 4G telkomsel, no 1 adalah daerah rumah saya di ujungberung yang belum tercover sinyal 4G, dan nomor 2 daerah Turangga Buahbatu Bandung yang sudah tercover 4G.

coverage 4g telkomsel

Hasil test menggunakan kartu Simpati 4G pada iPad di Galeri Dago bawah. Terlihat download 16.55Mbps dan upload 8.50Mbps

speedtest 4g telkomsel

Kesimpulan hasil test sinyal 4G/LTE untuk Bandung dan sekitarnya terhadap operator Indosat dan Telkomsel pada smartphone Xiaomi Redmi 2 dan tablet iPad:

Selama gadget anda mendukung 4G/LTE saya anjurkan untuk menggupgrade kartu SIM nya menjadi 4G. Meskipun daerah anda belum tercover 4G dan hanya mendapatkan 3G saja tetapi saya merasakan tetap lebih cepat setelah di upgrade.

Sampai saat ini 13 Okt 2015 cakupan Telkomsel jauh lebih luas daripada Indosat di kota Bandung dan sekitarnya. Semoga coverage 4G Indosat cepat mengejar Telkomsel dan Telkomsel segera mencakup Ujungberung.

Menggunakan kartu SIM yang sama pada device berbeda akan menghasilkan kecepatan yang berbeda pula, bisa berkisar 16-20Mbps download.

Untuk Telkomsel (kemungkinan juga Indosat) meskipun sudah di upgrade ke 4G jangan mengambil paket data yang 4G karena jika kita berada di daerah yang tidak 4G maka akan dikenakan tariff normal non paket yang tentunya lebih mahal, demikian informasi yang saya dapatkan dari petugas di Grapari Telkomsel. Dengan tidak mengambil paket data 4G maka meskipun kita berada di daerah 3G atau 2G kita masih terkena tariff paket yang lebih murah dan kecepatan tetap bisa lebih cepat.

Upgrade ke 4G XL di Bandung

Menurut info di websitenya cukup mudah mengupgrade layanan 3G anda menjadi 4G yaitu dengan membeli starter pack 4G kemudian *123# dan mendaftarkan kembali nomor lama. Tetapi jika ragu silahkan datang ke XL di jl Purnawarman Bandung, dekat BEC.

Untuk XL saya belum sempat coba tetapi jika melihat peta coverage 4G dari website XL di http://4g.xl.co.id/maps#coverage kemungkinan besar daerah Ujungberung tercover, untuk membuktikannya silahkan coba sendiri 🙂  Area biru dibawah ini adalah cakupan 4G LTE.

4G XL di Bandung

4G LTE Smartfren di Bandung

Coverage Smartfrend di Bandung tampaknya lebih luas, tetapi sekali lagi ini juga belum saya coba karena memerlukan hardware yang berbeda. Silahkan cek di http://www.smartfren.com/4g/web/coverage

Daerah merah dibawah ini adalah area 4G LTE (Oktober 2015)

4G LTE Smartfren di Bandung

Oya jika ada yang masih bingung apa itu 4G, ini adalah generasi keempat (4G = Forth Generation) dari teknologi seluler. Untuk 4G sebenarnya ada istilah 4G ada 4G LTE, yang 4G LTE adalah jaringan tercepat saat ini, sedangkan jika 4G saja lebih cepat dari 3G tetapi tidak secepat LTE (Long-Term Evolution). Tetapi yang saya lihat saat ini semua operator memasarkan nya sebagai 4G LTE. Mau lebih jelas tentang perbedaan nya silahkan cek disini http://www.digitaltrends.com/mobile/4g-vs-lte/

https://id.wikipedia.org/wiki/LTE

http://www.warungtechnology.com/2013/08/perbedaan-sinyal-gprs-edge-3g-hsdpa-dan.html

Kecepatan teoritis dari LTE mencapai 300Mbps untuk download dan 75Mbps untuk upload. Sejauh ini yang tercepat saya coba saat ini adalah 80 Mbps download dan 8Mbps upload itupun saat di test speedtest. Saat speed internet menjadi semakin cepat maslaah yang timbul adalah kuota data, meskipun cepat pengguna telepon seluler akan dibatasi oleh batas kuota dari masing-masing operator.

Update 26 November 2015:

Saat ini di rumah saya daerah nagrog Ujungberung Bandung sudah tercover 4G Indosat meskipun maksimum hanya maksimum 3 bar tetapi hasil test speedtest.net tetap lebih cepat dari 3G, berikut tampilan hasil test.

Mungkinkah karena efek pergantian nama menjadi Indosat Ooredoo 🙂

4g Indosat ooredoo ujungberung

Hasil test 4G Indosat Ooredoo di Ujungberung Bandung.

 

Semoga operator-operator lain berlomba-lomba mengcover ujungberung dengan layanan 4G nya masing-masing.

Update April 2016:

Saya kini menggunakan MIFI Andromax M2S, hasilnya lumayan lebih baik dibanding saya menggunakan Tri di daerah Ujungberung. Ketika menggunakan Tri, saya hanya bisa bekerja malam hari jam 11 an sampai pagi hari, selebihnya lemot, sehingga mengurangi produktifitas. Dengan Smartfren ini produktifitas meningkat lagi, mau jam berapa saja kerja saya mendapatkan kecepatan yang bisa digunakan bekerja. Oya MIFI ini sudah saya test menggunakan VPN ke kantor OK, Skype dengan keluarga juga OK, ngeblog gak masalah. Enaknya pake MIFI kalau sinyal kurang kuat gampang dipindah-pindah sampai mendapatkan sinyal yang optimal.

Ini adalah hasil test speedtest pada tanggal 30 April 2016 jam 14:31. Memang kecepatan tidak amazing, tetapi bagi saya cukup untuk bekerja.

smartfren 4G di Ujungberung Bandung

Sebelumnya saya pernah menggunakan Smartfren dengan modem USB yang warnanya merah hitam(merk lupa), kecepatan sempat bagus beberapa bulan setelah itu super lemot sehingga saya jual lagi ke teman yang katanya kecepatan Smartfren di tempatnya lumayan bagus.

Daerah merah dibawah ini adalah area 4G LTE (April 2016), lumayan berkembang dibanding sebelumnya Oktober 2015

cakupan 4G smartfren daerah BAndung April 2016

Saya simpulkan bahwa sebagai user kita harus siap berpindah ke operator yang kecepatannya mencukupi. Operator yang saat ini memiliki kecepatan bagus belum tentu masig bagus di masa mendatang, ada yang menjadi lebih jelek, menjadi lebih baik, menjadi lebih mahal, atau menjadi bangkrut sama sekali 🙂

Author - October 12, 2015
error: Content is protected !!