Jenis-jenis Jaminan Polis Asuransi Mobil

Jika Anda memiliki mobil, maka Anda diwajibkan untuk mengasuransikannya. Asuransi ini tidak hanya melindungi mobil Anda tetapi juga Anda sebagai pengemudi, keluarga Anda sebagai penumpang, bahkan mobil serta pengemudi lain. Anda mungkin mengalami dilema dalam menentukan pilihan asuransi dengan jaminan terbaik, namun mungkinkah Anda mendapatkan jaminan tersebut dan di saat yang sama dapat menghemat uang Anda?

jenis polis asuransi mobil

Perbedaan polis asuransi mobil

Pada dasarnya, asuransi kendaraan mencakup dua kategori utama, yaitu jaminan terhadap kendaraan Anda, serta jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga. Selain memberikan perlindungan terhadap kendaraan, asuransi ini dapat membayarkan ganti rugi terhadap pihak ketiga yang mengalami kerugian.

Kerugian Total (Total Loss Only)

Jaminan atau pertanggungan asuransi jenis ini merupakan perlindungan terhadap kerusakan fisik kendaraan yang mencapai 75% atau lebih, hingga kerusakan total dari kondisi mobil Anda yang disebabkan oleh kecelakaan. Contoh umumnya adalah tabrakan, benturan, mobil tergelincir, terperosok, atau terbalik. Kerugian total di sini artinya adalah bahwa tertanggung (yaitu Anda) tidak lagi dapat menggunakan kendaraan tersebut, baik untuk jangka waktu tertentu maupun tidak terbatas.

Jenis pertanggungan ini biasanya termasuk dalam paket kredit kendaraan, karena kendaraan tersebut digunakan sebagai jaminan kredit dan pemberi kredit harus memastikan bahwa kepentingannya dapat terlindungi.

Empat alasan utama untuk memilih jaminan asuransi kerugian total:

  1. Setiap orang membuat kesalahan. Meskipun pada dasarnya Anda adalah pengemudi yang baik dan selalu berhati-hati, tetapi akan ada saat di mana Anda lengah dan kurang fokus karena suatu alasan. Alasan utama membeli asuransi jenis ini adalah untuk melindungi di saat kecelakaan yang terjadi dianggap sebagai kesalahan Anda.
  2. Anda mengemudikan mobil baru. Mobil baru merupakan aset tentunya memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil lama. Aset ini dapat Anda lindungi dengan jaminan kerugian total.
  3. Untuk mendapat bantuan advokasi. Bantuan advokasi ini diperlukan saat Anda mengalami kecelakaan di mana pihak yang bersalah tidak dapat diputuskan secara langsung.
  4. Untuk perlindungan saat mengendarai mobil sewaan. Beberapa perusahaan menawarkan perluasan jaminan terhadap mobil sewaan yang digunakan untuk kepentingan pribadi dan bukan kepentingan bisnis.

Gabungan atau Komprehensif (All Risk)

Jika jaminan kerugian total melindungi terhadap kerusakan 75% atau lebih dari kondisi mobil yang disebabkan oleh kecelakaan atau tabrakan dengan mobil lain, pada prinsipnya jaminan polis gabungan atau komprehensif memberikan ganti rugi atas kerusakan mobil yang disebabkan oleh hal-hal apapun baik tabrakan, kecelakaan maupun termasuk banjir, badai, kebakaran, pencurian, pohon tumbang, vandalism, hingga kerusakan karena serangan binatang buas.

Tiga alasan utama untuk memilih jaminan gabungan atau komprehensif:

  1. Nilai jual kembali mobil Anda masih tinggi. Sama seperti poin kedua alasan memilih jaminan kerugian total di atas, jaminan gabungan ini dapat melindungi aset Anda, tidak hanya dari kecelakaan tetapi juga dari bencana alam atau musibah lain.
  2. Mobil Anda merupakan incaran pencurian. Tidak hanya mobil bermerk dan mahal saja yang menjadi sasaran para pencuri, mobil antik pun nilainya bisa meroket dan bisa diburu karena spare part-nya yang mahal dan langka.
  3. Anda tidak dapat meramalkan masa depan. Jika kecelakaan mobil masih dapat dihindari dengan sikap mengemudi yang lebih hati-hati, tidak demikian halnya dengan bencana alam atau musibah lain yang tidak dapat Anda duga dan Anda kendalikan. Dengan memiliki jaminan jenis ini, Anda akan selalu siap menghadapi hal yang tak terduga.

Kedua jenis jaminan di atas memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Biasanya ketentuan ini tergantung pada jenis kendaraan, harga belinya, merk dan tipenya, serta usia kendaraan tersebut. Setiap perusahaan asuransi juga menetapkan syarat yang berbeda-beda, karena itu Anda perlu mencermati hal tersebut agar dapat memperoleh jaminan terbaik.

Bandingkan asuransi yang tepat bagi kendaraan anda AturDuit.com.

Author - August 5, 2013
error: Content is protected !!