Heboh MMM, Haruskah Saya Ikut Berinvestasi?

Bisnis MMM Apakah Patut Diikuti?

Saat ini mungkin anda usdah mendengar/diajak teman untuk bergabung dengan MMM.

MMM ini mengingatkan saya saat maraknya jaman Swishcash (kabur/digerebek FBI) dan VGMC (ga jelas statusnya) dan kini MMM (saat ini masih jalan.) dan saya tidak mengikuti pernah mengikuti satupun bisnis investasi yang saya sebutkan diatas hanya melihat dari sisi bisnis saja.

Pertama kali saya browsing mencari dengan kata kunci MMM yang keluar sebelah kanan adalah MMM dari wikipedia (Ponzi_scheme_company) yang disebutkan sebagai slaah satu Ponzi scheme company terbesar di dunia.Diperkirakan (dengan perkiraan yang berbeda) 5 sampai 40ribu orang kehilangan uang higga 10 juta dollar. MMM berasal dari Rusia didirikan oleh Sergei Mavrodi,adiknya Vyacheslav Mavrodi, and Olga Melnikova. MMM diambil dari nama belakang mereka.
Awalnya sebagai pengimport alat-alat kantor 1989 sampai 1990 an. Kemudian berubah menjadi Ponzi scheme tahun 1992 dan seterusnya. Ditutup polisi Rusia tahun 1994 dinyatakan bangkrut tahun 1997. Untuk detail lebih lanjut silahkan lihat di situs wikipedia disini.

mmm bisnis

(Klik gambar untuk memperbesar)

Ok kita lanjutkan pembahasannya diluar Wikipedia. Bagaimana sistem kerja MMM. menurut beberapa website bahwa kita perlu menyetor uang minimal 100 ribu rupiah dan max 10 jt rupiah per account (beberapa orang banyak yang membuat banyak account). Sebulan kemudian kita akan menerima uang dari investor lain dengan kelebihan 30% dari modal yang kita setorkan sebelumnya.

Cara pendaftaran bisa dilakukan oleh si sponsor, atau langsung sergey-mavrodi.com disana terdapat  catatan kecil jika website tersebut di blok, maka bisa menggunakan mirror site nya sergey-mavrodi-mmm.net atau sergey-mavrodi-mmm.org

O ya di situs nya di http://sergey-mavrodi.com/static/19318-rekomendatsii/ disebutkan bagaimana jika colapse? Menurut mereka hal paling buruk yang terjadi saat kolaps adalah restart, sistem kembali lagi dari awal, retstart seperti main game. Uang anda hilang tetapi anda bisa ikut kembali (iya jika dibuka kembali) 🙂 dan menebus kehilangan uang sebelumnya. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan uang yang benar-benar dingin yang jika uang tersebut hilang tidak mengganggu rumah tangga anda. Tidak boleh serakah. Masalahnya di kita sebagian besar masyarakat boro-boro menggunakan uang dingin, ga punya uang juga dibela-belain minjem uang ke bank dengan jaminan rumah dan mobil hanya untuk mengikuti sesuatu yang tidak pasti.

mmm2
(Klik gambar untuk memperbesar)

Jika sampai kolaps maka ada berbagai reaksi:

1. Cuek aja, toh dia sudah dapet untung, mending cari “bisnis lain” yang sejenis. (sebagian kecil orang yang sudah seringkali mengikuti hal semacam ini)

2. Kelabakan karena uangnya hasil pinjam bank dan belum balik modal ini akan menggangu keuangan rumah tangga dan bisa men-demotivasi sengat hidup (sebagian besar biasanya ini typical orang kita)

3. Cuek aja toh itu uang jajan yang gak pengaruh kalo hilang (sebagian kecil orang yang tidak serakah/ coba-coba). 4. Ga rugi karena gak pernah ikut (juga ga pernah untung). Termasuk nomor berapakah anda?

Kebanyakan MMM ini dalihnya membantu orang lain yang membutuhkan dengan memberi pinjaman. Kita nanti mendapat pengembalian dengan keuntungan 30% (riba, haram dll, silahkan putuskan sendiri.) Sebenarnya kalau ingin membantu tanpa pamrih bisa disalurkan saja ker berbagai lembaga zakat yang tersebar banyak sekali iklan nya di berbagai media elektronik.

Pertanyaan nya dapat dari mana yang 30% itu? Uang yang 30% itu sudah jelas dari berbagai sudut pandang/penjelasan manapun merupakan perputaran uang anggota. karena tidak ada perdangan yang nyata di sistem ini.

Suatu saat jika system ini kolaps maka biasanya uang sebagian besar anggota mengendap/hilang bersamanya. Sudah siapkah anda?

Kalau begitu kapan sistem ini akan kolaps/restart. Indikasi termudah Biasanya ketika semua oarng awam sudah pada tahu MMM ini, semua orang membicarakannya dan menginvestasikan uangnya. Maka itu saat paling tepat untuk menarik semua uang kita atau tidak menambahkan modal lagi.

Jadi sebaiknya ikut tidak MMM ini?

Semua keputusan adalah ditangan anda dan semua akibat yang ditimbulkan adalah ada di anda.Bijkasanalah dan bertanggung jawablah atas semua perbuatan anda.

Author - August 21, 2014
error: Content is protected !!