Hal-Hal Yang Harus Diketahui Mengenai Bisnis

Bisnis merupakan salah satu kegiatan yang saat ini sangat digemari hampir semua orang. Hal tersebut dikarenakan bisnis merupakan salah satu kegiatan yang mudah dilakukan. Selain itu dengan berbisnis kamu dapat mendapatkan keuntungan yang terkadang lebih besar dibandingkan jika kamu bekerja dengan orang lain.

mengenai bisnis

Ada dua jenis bisnis yang tersedia yaitu bisnis offline dan bisnis online. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai bisnis online dan bisnis offline. Perbedaan kedua bisnis tersebut dapat dilihat dari berbagai macam sisi diantaranya :

Pertama dilihat dari sisi waktu bisnis, Jika berbisnis offline waktu yang kamu perlukan untuk berbisnis biasanya lebih pada jam-jam produktif atau dengan kata lain bisnis offline dilakukan pada jam kerja. Hal tersebut dilakukan tergantung dari produk bisnis yang kamu bisniskan.

Jika kamu berbisnis produk yang memiliki target market adalah pekerja kantoran, maka waktu bisnis pada jam kerja adalah pilihan yang tepat. Sedangkan untuk bisnis online waktu bekerja lebih bisa flexibel karena kamu tidak perlu melakukan penjualan secara face to face melainkan hanya dengan berbasis online kamu sudah dapat berbisnis sehingga kapanpun dan dimanapun target pasar yang kamu tetapkan dapat mengetahui bisnis kamu.

Kedua perbedaan dapat dilihat dari sisi jumlah produk yang akan dibisniskan. Jika dalam bisnis online kamu dapat menjual berbagai macam produk didalam website kamu. Hal tersebut dikarenakan bisnis online hanya memanfaatkan sebuah website sebagai wadah penjualan dalam berbisnis. Sedangkan untuk bisnis offline kamu hanya dapat menempatkan beberapa produk yang sesuai dengan kapasitas dari tempat bisnis kamu.

Dilihat dari kedua perbedaan tersebut maka bisnis online merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan akhir-akhir ini. Hal tersebut menyebabkan sebagian orang rela meninggalkan pekerjaan kantoran mereka demi bisnis online. Pada dasarnya banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan dari sebuah bisnis online. Salah satunya kamu dapat mengatur waktumu lebih baik dibandingkan dengan kamu bekerja dikantor dengan waktu yang sudah ditentukan. Namun, tahukah kamu bahwa sebelum memulai berbisnis ada beberapa hal yang harus kamu pikirkan. Halomoney.co.id akan memberikan beberapa informasi tersebut. Check this out !

1. Tujuan Berbisnis

Hal pertama yang harus kamu ketahui dan kamu pikirkan sebelum memulai sebuah bisnis adalah tujuan dari bisnis yang akan kamu jalankan. Pada dasarnya tujuan dari orang berbisnis adalah mendapatkan keuntungan. Namun ada hal lain mengenai tujuan berbisnis diantaranya menolong orang lain dengan cara membuka lapangan pekerjaan dalam bisnis kamu. Selain itu, tujuan lain mungkin dapat membuat sebuah inovasi dari suatu barang yang akan kamu bisniskan. Contohnya jika kamu ingin membuat salah satu bisnis makanan seperti toko kue, maka tujuan dari bisnis kamu selain mendapatkan keuantungan yang besar, ataupun membuat inovasi terhadap kue yang sudah ada sebelumnya, kamu juga memikirkan tujuan dalam hal sumber daya yaitu kamu dapat mempekerjakan orang-orang di sekitar lingkunganmu yang belum bekerja sebagai pembuat kue.

2. Membuat Visi Dan Misi Bisnis

Jika kamu ingin memulai sebuah bisnis selain tujuan bisnis maka kamu juga harus memikirkan visi dan misi yang akan menjadi panduan dalam berbisnis. Visi dan misi bertujuan agar kamu sebagai pemilik bisnis dapat fokus untuk menjalani tujuan dari berbisnis yang sudah ditentukan sebelumnya. Selain itu, pada dasarnya bisnis yang batu dijalankan pertama kali memang dapat mengalami kenaikan. Namun, seringkali bisnis yang pada awalnya mengalami kenaikan pesat akan dapatmengalami kegagalan pada tahun berikutnya. Hal tersebut dapat dikarenakan tidak fokus pembisnis terhadap visi dan misi yang dibuat ataupun bisnis yang dijalankan tidak sesuai dengan tujuan dan target pasar. Maka Visi dan misi merupakan hal penting yang harus dipikirkan.

3. Cara Mendapatkan Modal

Cara kamu mendapatkan modal untuk berbisnis harus kamu pikirkan dengan baik. Hal tersebut dikarenakan jika kamu mendapatkan modal dengan cara yang salah di khawatirkan hal tersebut dapat membahayakan bisnis kamu kedepannya. Alangkah lebih baik jika sebelum kamu memutuskan untuk meminjam uang yang akan dijadikan modal seharusnya kamu dapat mengukur terlebih dahulu kemampuan bisnis kamu. Contohnya jika kamu ingin membuat bisnis kue maka kamu harus memperkirakan terlebih dahulu biaya-biaya yang dibutuhkan dalam membuat kue. Jika memang uang modal yang sudah kamu persiapkan tidak mencukupi baru disarankan kamu meminjam uang. Namun dalam meminjam uang kamu juga harus memperhatikan bunga serta keuntungan bisnis kamu dalam pengembalian modal.

4. Sumber Daya Manusia

Hal selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah sumber daya manusia atau dengan kata lain adalah karyawan yang akan kamu pekerjakan. Hal yang dapat kamu pikirkan mengenai SDM adalah dimulai dari tahap seleksi dari sumber daya manusia tersebut. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam tahap seleksi adalah para pekerja yang memilki keahlian sesuai yang kamu harapkan serta kamu juga harus menjelaskan waktu yang akan digunakan dalam bekerja. Hal ini sebenernya bersifat penting karena jika kamu dapat memikirkan kelangsungan dari karyawan maka bisnis kamu akan berjalan dengan baik.

5. Cara Pemasaran

Selanjutnya, bagaimana cara kamu memasarkan produk. Cara pemasaran yang dapat kamu gunakan untuk kelangsungan bisnis kamu salah satunya adalah mulailah dengan mempromosikan bisnis tersebut dengan orang-orang sekelilingmu. Hal tersebut dikarenakan bisnis dapat berkembang dengan pesat dari pembicaraan banyak orang. Selain itu, cara lain yang dapat kamu gunakan adalah pemasaran online di seluruh social media. Namun cara pemasaran lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat video sebagai cara memperkenalkan bisnis. Membuat sebuah video disarankan melibatkan orang yang sudah terkenal sehingga membuat produk bisnis kamu cepat mengalami kenaikan. Contohnya jika kamu ingin memasarkan toko kue maka disarankan agar kamu membuat video namun model yang dalam video kamu adalah seorang koki yang sudah memilki nama dan diketahui oleh banyak orang.

6. Keunikkan

Untuk memulai sebuah bisnis memang banyak hal yang harus dipikirkan dengan baik salah salah satunya adalah membuat produk dari bisnis yang akan kamu jual unik bagi semua orang. Dengan keunikan yang kamu miliki itu dapat menjadi alasan bisnis kamu bertahan lama di tengah persangaian bisnis saat ini. Keunikkan dapat kamu ketahui dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu sehingga kamu bisa menentukan keunggulan dari bisnis kamu.

7. Jaringan Bisnis

Untuk menjamin kelangsungan sebuah bisnis yang akan dijalankan, membangun sebuah jaringan bersama orang-orang yang sesuai dengan bisnis yang akan dijalankan dapat mempengaruhi meningkatnya promosi bisnis kamu. Selain itu, memperluas jaringan bisnis juga dapat berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan bisnis kamu. Maka, jika kamu memiliki pertanyaan terhadap bisnis yang akan kamu jalankan. Maka, kamu jangan pernah ragu untuk bertanya ataupun berdiskusi.

Author - July 15, 2016
error: Content is protected !!