Contoh Usaha Sampingan Bagi Karyawan

Kenapa karyawan membutuhkan usaha sampingan?

wirausaha bagi karyawanUsaha sampingan atau wirausaha akan menambah wawasan dan kreatifitas karyawan contohnya karyawan dipaksa berfikir agar usaha sampingan nya berjalan dengan baik, apabila menemui masalah atau hambatan maka kita harus mencari cara mengatasinya. Dengan memiliki usaha sampingan (berwirausaha) maka kehidupan kita sebagai karyawan tidak akan membosankan. Jangan terlalu memikirkan uang, jika anda berusaha dengan sungguh-sungguh, maka uang akan otomatis mengikuti, uang adalah akibat dari usaha yang telah anda lakukan.

Lakukan usaha sampingan dengan maksimal,

Meskipun namanya usaha sampingan tetapi tetap harus dijalankan dengan maksimal. Jika anda ingin hasil dari usaha sampingan anda besar bahkan melebihi hasil pekerjaan tetap anda maka jalankan usaha sampingan dengan sungguh-sungguh layaknya berwirausaha adalh usaha anda satusatunya, jangan cepat menyerah dan lakukan dengan konsisten. Apabila menemui masalah jangan cepat berpindah ke usaha sampingan yang lain, karena dengan cepat berganti usaha dalam waktu singkat, maka anda tidak mendapatkan apa-apa dan harus belajar dari awal lagi. Saya ingat kegigihan seorang teman yang berjualan ikan hias, yang baru pada bulan ke 6 baru berhasil menjual  seekor ikan hias, dan itu merupakan awal dari keberhasilan wirausahanya sebagai penjual ikan hias.

Resiko usaha sampingan

Usaha sampingan memiliki resiko yaitu kerugian atas modal. Anda mungkin tidak cocok dengan satu  usaha tetapi cocok di bidang lain. Cara mengetahui usaha apa yang cocok bagi kita ialah dengan mencobanya. Memang ada resiko kehabisan modal /uang, tetapi kita tidak akan terllau sengsara karena masih bekerja, jadi masih ada sumber penghasilan tetap. Menurut saya jika anda tidak pernah mencoba wirausaha melakukan usaha sampingan justru resiko anda semakin besar, karena sebagai karyawan anda bisa diberhentikan perusahaan kapanpun dengan alasan apapun. Apabila itu terjadi anda bisa mencari kerja lagi jika umur anda masih muda atau anda terpaksa harus ber-wirausaha, ingat untuk berhasil dalam suatu bisnis memerlukan waktu dan usaha yang sungguh-sungguh.

Berikut ini adalah contoh usaha sampingan yang dapat dilakukan karyawan:

1. Bisnis sebagai affiliate online
Usaha jenis ini dapat dilakukan dirumah jadi bisa disebut juga sebagai usaha rumahan. Lakukan sepulang anda bekerja, anda dapat meluangkan waktu 2-3 jam sehari dan dapat berkurang jika anda sudah mahir. Inti dari bisnis affiliate online ini ialah menjualkan barang milik orang lain, kita akan menerima komisi jika berhail menjualkan barang tersebut.

2. Usaha sampingan menjual pulsa
bisnis sampingan ini banyak dilakukan karyawan, mahasiswa, bahkan pelajar, ibu rumah tangga, karena kemudahan dan ke fleksibelan dalam melakukannya. Hanya bermodalkan sebuah handphone dan melakukan deposit sejumlah uang maka anda dapat langsung mulai berbisnis menjual pulsa.

3. Usaha menjual pakaian
Ini juga merupakan jenis usaha sampingan yang banyak dijalankan karyawan.  Seringkali kita menemui rekan-rekan kita yang datang ke kantor membawa barang dagangan berupa pakaian, dan biasanya bisa dibayar dengan mencicil. Pakaina disini bisa pakaian dewasa, anak-anak, bayi, ataupun aksesori seperti tas dan sepatu.

4. Usaha sampingan menjual makanan
Menjual makanan (biasanya kue) di lingkungan kantor juga banyak dilakukan karyawan, biasanya mereka menittipkan ke kantin atau langsung menawarkan kepada rekan kantor. Apabila makanan anda enak dengan harga yang pantas maka akan sering terjadi pemesanan ulang. Usaha menjual makanan ini salah satu yang tahan terhadap berbagai kondisi, karena manusia tetap memerlukan makanan apapun kondisi mereka.

5. Usaha sampingan membuka warnet
Saya menemui beberapa teman kantor membuka warnet di rumahnya dan biasanya karyawan tersebut akan menjaga warnetnya sepulang kerja. Jika sedang bekerja warnet tersebut biasanya dijaga oleh nagggota keluarga seperti istri, anak, keponakan, atau adiknya.

6. Usaha sampingan pencucian motor
Dengan makin banyaknya kendaran terutama motor, maka bisnis pencucian sepeda motor juga sangat menjanjikan. Kita dapat membayar seseorang untuk menjalankan nya. Dengan ongkos sekali cuci sekitar 7000 rupiah kita masih bisa mendapatkan keuntungan apabila sehari sekitar 20 kendaraan dan hari kerja 5 hari, jika buka 7 hari seminggu maka akan semakin baik.

Semoga posting saya kali ini membuka wawasan / memberi semangat kepada para karyawan yang masih bekerja, ingat setinggi apapun jabatan anda di suatu perusahaan jika anda bukan pemilik maka anda tidak bisa mewariskan jabatan tinggi tersebut kepada anak cucu.
Apabila anda memiliki warung maka warung tersebut dapat diwariskan karena anda adalah pemiliknya.

 

error: Content is protected !!