Cara Membuat Website Gratis

cara membuat website gratisJika anda mencari artikel cara membuat website gratis kemungkinan besar anda mempunyai bisnis yang ingin dipromosikan melalui internet atau anda ingin membuat blog pribadi. Apapun alasan anda, ini merupakan langkah yang baik bagi bisnis anda karena akan membuat bisnis maupun blog anda memiliki cakupan yang luas memalui internet. Banyak layanan yang menyediakan website gratis asal kita mau melakukannya.

Ada beberapa keunggulan dan kekurangan jika kita memilih membuat website atau blog gratis yaitu:

Kelebihan website gratis:

– Anda tidak usah memikirkan domain dan hosting semuanya sudah siap digunakan, domain itu nama website anda misalnya andilala.com sedangkan hosting adalah tempat anda meyimpan file atau program anda. Domain biasanya $10 setahun dan hosting sekitar $100 setahun (tergantung fiturĀ  yang anda pilih).

– Nama domain yang memberikan layanan gratis tersebut biasanya sudah berumur dan memiliki reputasi baik sehingga ketika anda menggunakan subdomainnya maka tidak terlalu susah untuk memiliki ranking baik di search engine, misalnya kita daftar di blogger kemudian kita pilih subdomain andalala, maka website anda http://andilala.blogspot.com

Kekurangan website gratis:

– Karena anda tidak memilihi nama domain sendiri maka jika anda menyalahi aturan penyedia layanan maka mereka bisa menutup account anda yang berarti menghapus domain anda secara sepihak.

– Meskipun fasilitas yang diberikan sangat lengkap tetapi fitur-fitur tertentu tidak bisa anda akses, ini wajar karena menyangkut keamanan hosting penyedia layanan.

Saran saya: Apabila anda pemula maka sebaiknya anda menggunakan layanan gratis ini sehingga tidak perlu modal uang, apabila nanti anda memutuskan untuk membeli domain dan hosting sendiri maka anda dapat mengalihkan trafic dari website gratis ini ke domain yang anda beli.

Oya sebelum saya lanjutkan saya ingat banyak yang bertanya kepada saya apa bedanya antara website dan blog, well… bisa saya jawab begini, website itu biasanya bersifat statis, formal, kurang interaktif dengan pengunjungnya sehingga bersifat 1 arah saja. Sedangkan blog bersifat lebih santai, sering diupdate dan bisanya kita bisa bisa berinteraksi melalui commnet di setiap posting an di blog sehingga lebih interaktif.

Dibawah ini adalah layanan gratis untuk membuat website/blog yang saya sukai:

1. Blogger

cara membuat website gratis bloggerSaat ini blogger mungkin yang terbaik, gratis, serba guna, banyak fitur, dan mudah digunakan. Saat ini blogger merupakan salah satu platform blogging yang tersedia di internet. Blogger gratis dan menyediakan unlimited hosting adalah ini merupakan produk Google jadi tidak perlu diragukan lagi kinerjanya. Mayoritas dari blog gratis yang tersedia di internet saat ini menggunakan blogger. Kustomisasi widget yang tidak terbatas, fitur mobile blogging, struktur SEO dioptimalkan, dll, semakin lama fiturnya ditambah terus.
Blogger.com selalu layak mencoba untuk pemula. User interface sangat mudah digunakan dan template yang tersedia sangat banyak untuk menyesuaikan tampilan blog Anda. Adsense, produk Google juga dapat dengan mudah diintegrasikan untuk mendapatkan uang melalui blog Anda. Ikuti cara membuat website gratis menggunakan blogger:

1. buka http://www.blogger.com

2. buat account baru, klik button sign up di kanan atas

3. Isi data-data yang diminta, kemudian klik Next

2. WordPress

cara membuat website gratis wordpressWordPress, adalah layanan yang gratis dan bisa juga berbayar. Ada 2 pilihan wordpress yaitu wordpress.com untuk website/blog yang benar-banra gratis dan wordpress.org yang memberikan script wordpress secara gratis tetapi anda perlu membeli domian dan hostingnya sendiri. Script wordpress ini dapat didownload dari WordPress.org
Instalasi dari wordpress ini sangat sederhana, dalam 5 menit anda akan dapat menjalankan wordpress yang sudah anda download.
Ikuti cara membuat website gratis menggunakan wordpress:

1. Klik button Get Started

2. Isi email, username, password dan nama blog yang akan anda buat

3. Klik button create blog

3. Weebly

cara membuat website gratis weeblyWeebly itu layanan membuat blog gratis yang memiliki antarmuka drag and drop, jadi anda hanya perlu ngedrag modul-modul yang akan anda pakai dalam membuat blog. Weebly tentu saja gratis dan tampilan nya tampak professional. Ikuti cara membuat website gratis menggunakan Weebly:

1. Anda bisa memilih untuk login menggunakan account facebook and atau membuat account weebly.

2. Isi full name, email dan password

3. Klik signup,. Its free

4. Tumblr

cara membuat website gratis tumblrGabungan dari twitter, facebook, blogging, kita bisa memposting tulisan, gambar, video, link, kutipan, video dan audio, blog dalam versi singkat, kita bisa follow user lain atau membuat tumblr kita private. Ikuti cara membuat website gratis menggunakan Tumblr:

1. Klik Sign up

2. Isikan email, password dan username

3. Klik start

5. Edublogs

cara membuat website gratis edublogsIni adalah layanan blogging gratis, didasarkan pada perangkat lunak wordpress. Layanan ini secara khusus dimaksudkan untuk guru/dosen, mahasiswa dan staff lain yang berada di lingkungan akademik. Edublogs memiliki banyak fitur untuk mempermudah pekerjaan guru. Selain layanan menyediakan layanan gratis, Edublogs juga memiliki versi pro dan versi kampus.

Ikuti cara membuat website gratis menggunakan Edublogs:
1. Klik get your free blog now

2. Isi detail tentang anda

3. Isi detail tentang blog yang akan anda buat

4. Isi re-captcha (yang membedakan anda dan program robot)

5. Pilih I agree with terms and service

6. Klik button start blogging

 

6. Livejournal

cara membuat website gratis livejournalSalah satu yang paling terkenal dari host blogging. Menawarkan beberapa jenis account seperti iklan-didukung dan dibayar. LiveJournal juga merupakan nama dari perangkat lunak open source yang dirancang untuk menjalankan komunitas virtual LiveJournal. Fitur blogging LiveJournal meliputi yang ditemukan di situs blogging yang sama (beberapa penulis, komentar, kalender, dan jajak pendapat). Namun, LiveJournal membedakan diri dari situs blogging lain dengan BAIK-yang seperti fitur komunitas mandiri dan beberapa fitur jejaring sosial yang mirip dengan situs jejaring sosial lainnya.
Ikuti cara membuat website gratis menggunakan Livejournal:

1. Anda bisa memilih untuk login menggunakan account yang sudah anda miliki di facebook, twitter, openID, zgoogle, dll.

2. Atau anda bisa klik teks create an account

Layanan website gratis mana yang harus dipilih?

Apapun yang anda pilih semuanya bagus, setelah memilih salah satu penyedia layanan gratis web atau blog diatas, maka tugas anda selanjutnya adalah mengisi website atau blog tersebut dengan isi yang menarik pembaca. Ingat isi website yang menarik akan membuat pembaca kembali lagi ke website anda. Jangan pedulikan desain atau apaun saat ini terus konsentrasi membuat bahan tulisan yang menarik, buatlah sekitar 50-100 artikel.

Setelah membuat artikel sekitar 50-100 anda akan mulai bertanya kenapa website saya tidak ada atau sedikit pengunjungnya, padahal isinya sangat bagus.
Anda harus mempromosikan website atau blog anda ini melalui berbagai media. Saya akan membuat posting lain yang membahas tentang cara mempromosikan sebuah website atau blog. Untuk posting cara membuat website gratis, saya cukupkan disini dulu.

Author - December 17, 2012
error: Content is protected !!