Cara Klaim Asuransi Inhealth, Cigna, dan CIMB Sun Life

klaim asuransi

Ilustrasi klaim asuransi kesehatan

Sanggahan- Pengalaman dibawah ini adalah murni pengalaman saya dalam melakukan klaim asuransi. Saya mengikuti 2 asuransi kesehatan tambahan diluar asuransi dari kantor (Inhealth). Ke dua asuransi tambahan tersebut saya ikuti melalui penawaran telemarketing, tidak pernah bertatap muka. Saya tidak memiliki kenalan di semua asuransi yang saya sebutkan dibawah ini. Pengalaman saya ini mungkin berbeda dengan yang anda alami tergantung pada banyak hal misalnya jumlah premi (tergantung umur) program yang diikuti, penyakit, dll.  Saya berusaha menyajikan data seakurat mungkin disertai bukti (apabila tersedia). Semoga posting ini dapat membantu anda mempersingkat waktu klaim dan segera mendapatkan hak anda sebagai peserta asuransi.

Tanggal 9 Agustus 2014 saya dioperasi usus buntu (Appendicitis) di rumah sakit Borromeus Dago-Bandung. Pada mulanya saya di tawarkan operasi dengan metoda Laparascopy. Tetapi berhubung asuransi inhealth tidak akan menanggung operasi laparascopy akhirnya saya pilih operasi bedah biasa saja. Ternyata pilihan saya tepat karena usus buntu saya sudah pecah sehingga memang tidak bisa memakai cara laparascopy.
Di Borromeus ada petugas Inhealth yang membantu kita dalam proses pengurusan asuransi. Pada umumnya pasien yang diterima berobat di Borromeus menggunakan Inhealth gold ke atas, tetapi khusus untuk perusaahan tempat saya bekerja bisa menggunakan kartu silver kelas I.  Asuransi Inhealth saya dapatkan dari perusahaan tempat saya bekerja, jadi selama saya bekerja di perusahaan ini saya akan terlindungi asuransi Inhealth. Sayangnya asuransi Inhealth hanya menerima peserta kelompok tidak menerima individu, artinya hanya menerima nasabah dari perusahaan/group.

Sekarang mari kita bicarakan cara klaim asuransi dibawah ini:

1. Klaim Inhealth:Paling mudah dan paling meringankan biaya, kita tinggal membawa kartu inhealth ke petugas Inhealth yang ada di rumah sakit dan selanjutnya pihak Inhealth akan memprosesnya. Pada saat saya diopname pak Dika (petugas Inhealth di Borromeus) mendatangi saya dan menerangkan seputar apa saja yang akan di jamin asuransi ataupun yang tidak di jamin (misalnnya operasi dengan metoda Laparascopy tidak dijamin). Alhamdulillah, saat keluar rumah sakit pun saya hanya membayar selisih sebesar 262,000 dari biaya total 17 jutaan. Bravo Inhealth, terimakasih pak Dika.

Ringkasan klaim asuransi inhealth
– Datang ke UGD
– Urus administrasi dan pastikan kita terdaftar menggunakan inhealth
– Petugas Inhealth akan membantu kita, biasanya mendatangi kamar kita dirawat dan memberitahukan hal-hal yang perlu diketahui.
– Membayar selisih klaim (biaya yang tidak dijamin).

2. Klaim Cigna: kita tinggal mendownload formulir klain di http://www.cigna.co.id/id/html/0_repository/files/form-klaim-kesehatan_20131210155543.pdf  ada 6 halaman, print semua halaman tersebut. Di dalamnya ada bagian yang harus kita isi sendiri dan ada yang harus di isi pihak rumah sakit. Untuk yang harus diisi pihak rumah sakit, kita tinggal menghubungi bagian rekam medis RS yang bersangkutan dan biasanya mereka akan membantu kita dengan baik. Setelah semua diisi kita kirimkan ke asuransi dan ingat jangan lebih dari 30 hari sejak tanggal kejadian. Oya biaya pertanggungan saya saat itu hanya sebesar 600 ribu per hari jika rawat inap, artinya meskipun operasi apapun yang ditangung asuransi hanya 600 ribu per hari.

Dokumen diterima dan klaim disetujui

Dokumen diterima dan klaim disetujui

cigna2

Dana klaim telah di transfer

Alhamdulillah saya menerima pembayarn klaim dalam 2 hari setelah SMS diatas.

Cigna tidak memerlukan kuitansi asli / copy kuitansi yang dilegalisir sehingga memudahkan kita dalam melakukan klaim.

Ringkasan klaim asuransi Cigna
– Download form dari website mereka cigna
– Isi bagian yang harus kita isi
– Serahkan ke bagian rekam medis form2 yang harus di isi dokter/pihak rumah sakit selesai dalam 1-7 hari.
– Kirimkan semua persyaratan yang sudah lengkap ke alamat masing2 Asuransi
– Tunggu hasilnya, mereka akan SMS progressnya sampai uang ditransfer.

Update Cigna tanggal 18 Oktober 2015:

Karena ada permasalahan pribadi maka saya memutuskan untuk berhenti mengikuti asuransi Cigna program Smart Health Extra dan tidak ada pengembalian uang premi sama sekali 🙁

Oya proses yang saya lakukan untuk berhenti dengan mengirim email ke customer.service@cigna.com tetapi selanjutnya saya menerima email dari SIAP@Cigan.com jadi sepertinya seharusnya melalui email ini. Saya kirim 6 Oktober jam 9 pagi, ada jawaban jam 6 sore tanggal yang sama. Setelah 1-2 hari kemudian saya di telp Cigna untuk proses perberhentian Asuransi ini, prosesnya sama seperti saat mereka mendaftarkan saya pertama kali, percakapan di rekam dan sejak saat itu saya resmi berhenti mengikuti Asuransi ini yang seharusnya tidak ada pendebetan lagi untuk Cigna di kartu kredit saya bulan depan.

3. Klaim CIMBSunLife:untuk CIMBSunLife, form klaim tidak terdapat di website mereka www.cimbsunlife.co.id sehingga saya harus meng-email customer service nya ( customer.service@cimbsunlife.com ) untuk meminta form klaim.
Persyaratan kurang lebih sama dengan Cigna, hanya saja mereka meminta kuitansi asli / copy kuitansi yang di legalisir dan ini yang membuat saya kesulitan karena rumah sakit tidak mau mengeluarkan copy kuitansi yang di legalisir. Saat itu saya mengirimkan persyaratan tanpa copy kuitansi yang di legalisir, dan setelah beberapa hari kemudian saya tidak menerima kabar dari mereka, akhirnya saya email dan telp, ternyata mereka meminta kekurangan diatas. Saya bingung saat itu dan saya bertanya ke Inhealth ternyata pak Dika dengan baik memberitahukan bahwa mereka akan membantu dengan mengeluarkan surat konsolidasi. Setelah beberapa hari surat konsolidasi saya dapatkan, kemudian saya kirimkan kekurangan tersebut ke SunLife. Saya mendapatkan email yang memberitahukan bahwa masih ada kekurangan lagi kuitansi sebesar 262,000. Saya ingat membayar selisih sejumlah itu dan segera saya kirimkan lagi kuitansi asli yang 262,000 itu. Dan akhirnya klaim saya disetujui dan uang akan ditaransfer dalam 3-4 hari. Biaya pertanggungan saya sebesar 800 ribu per hari jika rawat inap. Artinya berapapun pengeluaran kita di rumah sakit pihak asuransi hanya akan mengganti biaya sebesar 800 ribu per hari jika kita rawat inap.

Usahakan hindari asuransi yang meminta kuitansi asli / copy kuitansi yang dilegalisir karena pengurusannya akan lebih susah, terutama jika kita memiliki asuransi lebih dari 1,

klaim disetujui

Persetujuan klaim dan pemberitahuan transfer akan dilakukan 3-4 hari kerja

SMS konfirmasi pembayaran

SMS konfirmasi dari CIMBSunLife

Alhamdulillah saya menerima pembayaran klaim 1 hari setelah SMS diterima.

Ringkasan klaim asuransi CIMB Sunlife
– Email ke CS nya minta form claim (karena di websitenya saya tidak menemukan formulir untuk klaim), sertakan nama dan no polis kita.
– Isi bagian yang haru skita isi sendiri.
– Serahkan ke bagian rekam medis rumah sakit form2 yang harus di isi dokter/pihak rumah sakit selesai dalam 1-7 hari.
– Minta surat konsolidasi ke asuransi utama kita yang membayar semua biaya rumah sakit.
– Jika ada selisih yang kita bayar sendiri sertakan kuitansi asli sebagai salah satu persyaratan (fotocopy/scan dulu sebagai arsip kita). Dua point ini yang saya rasakan paling menyusahkan!
– Kirimkan semua persyaratan yang sudah lengkap ke alamat masing-masing Asuransi
– Tunggu hasilnya, jika perlu tanyakan progressnya.

Catatan: Untuk klaim asuransi Cigna dan CIMBSunlife memerlukan rekam data medis yang biasanya dapat diminta ke pihak rumah sakit. Untuk rumah sakit Borromeus dapat menghubungi bagian rekam medis di jalan Suryakencana belakang rumah sakit. Lama waktu pengurusan hingga 7 hari kerja, meskipun demikian biasanya selesai lebih cepat. Petugas disana biasanya dengan ramah dan sikap membantu kebutuhan kita. Update: Selamat Ulang Tahun Naresha.

Author - September 27, 2014
error: Content is protected !!