Cara Berinvestasi Emas

Download PDF

Mengapa Berinvestasi Emas?

Emas adalah salah satu logam mulia yang paling disukai masyarakat untuk dijadikan perhiasan atau pun sebagai sarana investasi. Harga emas dalam 10 tahun terakhir selalu naik. Untuk berinvestasi emas sebaiknya dalam bentuk emas murni batangan atau yang saat ini populer emas LM(Logam Mulia) dari ANTAM (Aneka Tambang).

Kenapa emas batangan LM dan bukan emas perhiasan?
Emas batangan LM memiliki beberapa keunggulan dibandingkan emas perhiasan, diantaranya:

- Emas batangan dianggap sebagai bahan baku, sehingga tidak dikenakan pajak perhiasan.
- Emas batangan saat dijual tidak akan turun jauh karena tidak ada ongkos pembuatan.
- Emas batangan tidak harus memegang kwitansi pembelian dari toko emas yang menjualnya agar harganya tidak jatuh, karena emas batangan LM sudah memiliki sertifikat sendiri.
- Dengan berat yang sama emas batangan LM bentuknya lebih ringkas daripada emas perhiasan.

cara investasi emas

Grafik emas 10 tahun terakhir - Gambar dari Kitco.com

 

Harga emas dalam 10 tahun terakhir tampak naik, padahal sebenarnya harga nilai uang kartal lah yang terdepresiasi. Tapi orang pada umumnya bilang bahwa harga emas naik, bukannya nilai uang yang turun (terdepresiasi). Terserah apa yang dikatakan orang yang jelas harga emas lebih baik dari nilai uang kartal.

Investasi Emas vs Properti

Anda bisa membeli emas 1 gram sekitar 500 ribu an tetapi anda tidak bisa membeli tanag 1 meter. Emas dapat dijual pada hari yang sama dengan pasaran sedangkan properti sanagat susah untuk dijual apada hari yang sama. Jika bisa pun biasanya harganya jauh dibawah rata-rata.

Uang kertas jika dipotong-potong menjadi beberapa bagian maka menjadi tidak bernilai, tetapi emas dipotong-potong menjadi beberapa bagain pun tetap memiliki harga jual yang sama.

Uang jika dibakar dan meleleh atau menjadi abu maka menjadi tidak bernilai, emas ketika terbakar dan meleleh ataupun sudah menjadi beku kembali tetap memiliki harga jual emas.

Menghitung nilai suatu barang dengan emas.
Misalnya anda ingin membeli sebuah rumah idaman seharga 10 miliar rupiah, maka sebaiknya uang 10 miliar tersebut dikonversikan dalam bentuk emas.
Contoh (dengan harga emas LM per gram 500.000):
10.000.000.000 : 500.000= 20.000 gram atau 20 Kg. Ubah target anda sekarang menjadi mengumpulkan emas batangan LM 20 kg dan bukan lagi mengumpulkan uang 10 milyar, kenapa begini? Uang kartal akan terus menerus terdepresiasi nilainya, sehingga jika anda sudah berhasil mengumpulkan uang 10 miliar (misalkan dalam waktu 5 tahun), maka dapat dipastikan harga rumah idaman anda sudah jauh lebih dari 10 miliar. Jika anda mengumpulan emas hingga 20 kg maka pada saat itu anda akan tetap dapat membeli rumah idaman tersebut karena meskipun harga rumah sudah naik, tetapi harga emas juga mengikuti naik, bahkan mungkin lebih tinggi dari harga rumah sehingga anda masih memiliki uang lebih. Jadi bagaimana, masih mau memilih menabung uang dari pada emas? Coba fikirkan kembali, silahkan temukan cara investasi emas yang tepat bagi anda.

emas LM Antam

Emas LM dan sertifikatnya - gambar dari plasaemas.com

Cara investasi emas

Ada beberapa cara investasi emas, diataranya dengan membeli sedikit demi sedikit emas hingga jumlah yang dimaksudkan. Ada juga cara investasi emas dengan cara menggadaikan di bank-bank syariah, kemudian membeli emas kembali emas baru dari uang hasil gadai. Adapula cara investasi emas dengan cara mencicil membeli emas ke bank. Apapun cara investasi emas anda, anda sudah berada di jalan yang lebih baik dalam berinvestasi. Ketika membeli emas LM pastikan anda mendapatkan sertifikatnya seperti gambar diatas. Pastikan juga ID yang tertera di emas sama dengan yang tertera di sertifikat. Postingan cara investasi emas ini semata-mata dibuat untuk menambah wawasan penulis.

Incoming search terms:

  • cara bisnis emas (24)
  • cara investasi emas di bank (15)
  • cara berbisnis emas (12)
  • bisnis emas online (11)
  • grafik harga emas batangan (3)
  • grafik harga emas tahun 2013 (3)
  • grafik harga emas per tahun 2013 (2)
  • prospek mengumpulkan emas (1)
  • mengumpulkan emas logam mulia (1)
  • mengumpulkan emas batangan (1)

Comments

comments