Bisnis Baju Online, Kelebihan Dan Kekurangannya

bisnis baju onlineBisnis baju online sebetulnya sama dengan bisnis baju konvensional pada umumnya, kita berjualan baju atau pakaian dan memasarkannya samapai terjadi transaksi. Baju atau Pakaian yang kita jual bisa hasil produksi sendiri atau kita membelinya dari grosir dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Hanya saja bisnis baju online menggunakan media internet untuk berpromosi yang memiliki banyak kelebihan dan sedikit kekurangan seperti yang akan saya uraikan dibawah ini.

Kelebihan bisnis baju online:

Jangkauan promosi lebih luas
Dengan memiliki toko baju online maka otomatis jangkauan promosi kita tidak hanya di tingkat kabupaten/kota saja tetapi sudah sampai ke luar negeri selama pelanggan kita memiliki akses internet maka dapat membeli ke toko online kita. Dengan jangkauan yang sangat luas ini maka diharapkan transaksi akan menjadi lebih banyak.

Uang pembelian kita terima terlebih dahulu
Dengan berbisnis baju online maka kita dapat meminta orang untuk mengirimkan uang terlebih dahulu. Ini memerlukan kepercayaan dari pelanggan. Agar mendapatkan kepercayaan dari pelanggan kita bisa mencantumkan data sejelas-jelasnya di website, misalnya menampilkan foto diri kita, foto toko, barang dagangan, alamat yang jelas, nomor telp yang bisa dihubungi, email, dll. Pembayaran di depan juga menguntungkan kita karena kas keuangan kita menjadi lancar.

Kita bisa mulai dengan modal sedikit
Untuk memulai bisnis baju online kita memulai dengan membeli beberapa baju saja, karena uang kita terima terlebih dahulu, maka kita bisa pakai untuk membeli kembali baju yang lain. Bahkan kita menggunakan metoda dropship yang tidak memerlukan modal sama sekali, untuk mengenal bagaimana metoda dropship, silahkan baca artikel ini.

Update produk lebih cepat dan mudah
Apabila koleksi kita sudah semakin bertambah maka kita bisa dengan mudah mengupdate katalog dengan mudah dan cepat untuk ditampilkan di website kita, untuk harga kita bisa buat dalam bentuk file PDF dan pelanggan boleh mendownloadnya.

Pembeli tidak usah repot
Pembeli dengan mudah dapat membeli baju secara online. Tidak usah terjebak macet, membayar parkir dll. Tinggal order malalui komputer atau smartphone, kemudian melakukan pembayaran dan menunggu barang datang.

Kekurangan bisnis baju online:

Kekurangan bisnis baju online relatif lebih sedikit dibanding keuntungannya, dan kekurangan ini pun dapat kita minimalkan dengan banyak cara.
Pelanggan hanya bisa melihat gambarnya saja.
Seringkali gambar dan barang yang datang tidak sesuai kualitasnya. ini akan membuat pelanggan kecewa dan kapok membeli ke toko online kita. Untuk menghindari ini berikan deskripsi sejelas-jelasnya, bahan, warna, kualitas material, dan hal lainya agar konsumen dapat lebih yakin dalam melakukan pemesanan, bahkan lebih baik lagi jika kita memberikan layanan tukar barang dalam jangka waktu tertentu, apabila terdapat ketidak cocokkan barang/kualitasnya. Dengan memberikan fasilitas tukar barang dalam jangka waktu tertentu (misalnya sampai 7 hari) atau bahkan uang kembali maka pelanggan akan merasa aman dalam melakukan transaksi.

Pengiriman baju relatif lebih lama
Memang secepat-cepatnya pengiriman toko online, akan lebih cepat jika kita membeli langsung ke tokonya. Biasanya toko online menjanjikan sampai 3-7 hari bahkan lebih tergantung lokasi pelanggan, meskipun kenyatannya seringkali lebih cepat. Jika kita mengirim lebih cepat dari yang dijanjikan, maka konsumen akan merasa puas. Kita bisa memberikan nomor resi paket pesanan mereka sehingga konsumen dapat melakukan tracking keberadaan paketnya.

Oya dalam berbisnis baju online kita harus memprioritaskan kepuasan pelanggan diantaranya dengan:
1. Memberikan keterangan yang jujur untuk kualitas, kondisi dan ketersediaan baju maupun barang dagangan kita.
2. Merespon dengan cepat setiap pertanyaan yang diajukan konsumen.
3. Jika sudah melakukan pengiriman segera informasikan no resinya dan perkiraan sampai.
4. Minta feedback atas pelayanan toko online kita.

Jika kita tidak memperhatikan hal-hal diatas maka siap-siap saja toko online kita akan ditinggalkan konsumen dan beralih ke toko lain yang memberikan pelayanan lebih baik.Jika anda sudah siap untuk berbisnis toko baju online, segera lakukan karena semakin cepat anda memulai maka semakin cepat anda akan merasakan hasilnya, lakukan dengan sepenuh hati maka kesuksesan menanti anda. Salam bisnis online 🙂

Author - January 22, 2015
error: Content is protected !!