Apa Itu Asuransi Mobil?

Jika Anda memiliki mobil, tentunya Anda tak asing dengan istilah asuransi mobil. Pada dasarnya, asuransi ini dibeli untuk mobil atau kendaraan pribadi Anda. Tujuannya adalah untuk memberikan perlindungan terhadap kerusakan fisik yang diakibatkan oleh tabrakan, baik itu dengan kendaraan lain atau dengan obyek tertentu seperti dinding, tiang, dan pohon; atau karena kebakaran dan bencana alam. Selain kerusakan fisik, asuransi mobil juga melindungi pemilik mobil secara finansial terhadap risiko kehilangan karena pencurian. Di Indonesia, setiap kendaraan pribadi wajib diasuransikan untuk dapat dianggap sah sebagai hak milik.

Asuransi mobil untuk melindungi resiko ynag tidak diinginkan

Ilustrasi Asuransi Mobil

Anda mungkin telah banyak mendengar istilah-istilah umum asuransi mobil seperti polis, premi, klaim, dan jaminan asuransi. Tetapi apakah Anda benar-benar memahami cara kerjanya? Simak penjelasan di bawah ini!

Polis Asuransi

Produk yang Anda beli dari perusahaan asuransi mobil adalah polis asuransi. Polis asuransi ini merupakan perjanjian tertulis antara perusahaan asuransi dengan Anda sebagai nasabah yang menjelaskan mengenai rincian tanggungan, syarat-syarat dan ketentuan kontrak, serta biaya yang harus Anda bayarkan untuk jenis tanggungan/jaminan yang Anda pilih.

Premi Asuransi

Biaya asuransi yang umumnya Anda bayarkan setiap bulan disebut premi asuransi. Jika premi ini Anda bayarkan secara teratur, perusahaan asuransi dapat membayarkan kerugian atas kerusakan yang dialami oleh mobil Anda setelah Anda melakukan klaim sesuai ketentuan yang berlaku.

Klaim Asuransi

Saat kendaraan Anda mengalami musibah yang akibatnya dapat ditanggung oleh asuransi mobil Anda, Anda mengajukan permintaan kepada perusahaan asuransi untuk mengganti kerugian atas kerusakan, biaya perbaikan, dan biaya lain yang Anda keluarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Permintaan ini disebut dengan klaim asuransi.

Jaminan Asuransi

Sesuai namanya, jaminan asuransi meliputi jenis-jenis asuransi dan total biaya yang ditanggung oleh perusahaan yang dijelaskan rinciannya dalam polis asuransi.

Jenis-Jenis Jaminan Asuransi

Di Indonesia, umumnya dikenal dua jenis jaminan asuransi yaitu Asuransi Kerugian Total dan Asuransi Gabungan atau Komprehensif. Berikut penjelasannya:

1. Asuransi Kerugian Total (Total Loss)

Asuransi jenis ini hanya menanggung kerugian yang diderita jika kendaraan Anda mengalami tabrakan atau kecelakaan, dengan nilai kerugian minimum 75% dari total jaminan asuransi.

2. Asuransi Gabungan atau Komprehensif (All Risk)

Disebut juga asuransi all-risk, yang berarti asuransi jenis ini dapat menanggung berbagai macam kerugian, termasuk kerugian kecil seperti hilangnya salah satu bagian mobil seperti spion, atau goresan pada mobil karena terserempet kendaraan lain.

Memilih Jenis Jaminan Terbaik

Sepintas penjelasan mengenai jenis jaminan di atas tampak sederhana dan Asuransi Gabungan tampak lebih menjanjikan dibandingkan dengan Asuransi Kerugian Total. Namun benarkah demikian? Hal-hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda menjatuhkan pilihan?

  1. Ketahui pilihan-pilihan yang tersedia. Pilihan ini tidak hanya tentang jaminan yang diberikan, tetapi juga rincian lain seperti siapa saja yang berhak masuk dalam polis asuransi (umumnya anggota keluarga yang ikut menggunakan kendaraan Anda); bagaimana kebijakan perusahaan asuransi mengenai kendaraan yang disewakan; atau rincian biaya di luar premi asuransi yang mungkin dikenakan oleh perusahaan.
  2. Tentukan jumlah yang mampu Anda bayarkan. Seperti poin di atas, jumlah ini tidak hanya merupakan besaran premi yang Anda bayarkan ke perusahaan asuransi setiap bulan, tetapi mencakup keseluruhan biaya yang harus Anda keluarkan dalam skenario kecelakaan di mana Anda terluka atau melukai orang lain. Pertanyaan yang perlu Anda ajukan adalah: apakah asuransi saya dapat menutup semua biaya tersebut atau saya akan terpaksa mengeluarkan uang dari kantong?

Pahami kondisi kendaraan atau mobil Anda. Tanyakan pada diri Anda: jika kendaraan Anda mengalami kerusakan parah, apakah Anda mampu untuk membeli mobil lain sebagai ganti alat transportasi Anda? Jika Anda tidak mampu, jenis asuransi gabungan lebih tepat untuk Anda, karena asuransi ini umumnya didasarkan pada nilai mobil Anda. Semakin mahal harga mobil Anda, tentunya mobil tersebut semakin perlu diasuransikan. Selain masalah nilai, ada perlunya Anda mencoba mengenal mobil Anda dengan baik, kebiasaan-kebiasaannya jika Anda melakukan perjalanan jauh serta karakterisasi lain. Informasi seperti ini ditambah dengan informasi fisik mobil Anda akan membantu saat Anda perlu mengajukan klaim asuransi.

Mencari asuransi mobil terbaik di Indonesia, silahkan lihat di http://www.imoney.co.id/asuransi-mobil

 

Author - August 5, 2013
error: Content is protected !!